Tips Intonation Adjustment pada Gitar Elektrik


Kenapa gitar elektrik harus di adjustment? hal itu dilakukan agar gitar tersebut mempunyai nada & Pitch yg benar di semua fret. Adjustmen gitar perlu dilakukan terutama untuk gitar yang baru di buat atau baru dibeli. berikut adalah tips cara-cara menyeting /adjustment gitar  dari saya :

1.Siapkan Tuner gitar , Bunyikan senar 1 pada posisi open string dan pastikan berada pada nada E, kemudian masih disenar yg sama tekan pada posisi fret ke 12 gitar dan bunyikan. kalau ternyata jarum tuner tidak menunjukan posisi yg sama pada saat open string, itu berarti gitar memerlukan adjusment.

2.Jika pd posisi fret ke 12  jarum menunjukan tingkat nada yg lebih tinggi maka posisi saddle pada bridge harus digeser maju, setelah itu Lakukan pengencekan kembali seperti langkah Lakukan sampai  posisi jarum tuner berada tepat di tengah pada posisi open string maupun pada posisi di fret 12.

3.Jika pd posisi fret ke 12  jarum menunjukan tingkat nada yg lebih rendah maka posisi saddle pada bridge harus digeser mundur, setelah itu Lakukan pengencekan kembali seperti langkah 1. Lakukan sampai  posisi jarum tuner berada tepat di tengah pada posisi open string maupun pada posisi di fret 12.

4.Lakukan pada setiap senar sesuai dengan urutan nada pada senar gitar. Apabila semuanya sudah selesai di adjusment maka gitar elektrik sudah siap dimainkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA TANAM SPHAGNUM MOSS

Cara Menyemai biji ( benih ) Nepenthes / Kantong Semar

RESEP KETUPAT KANDANGAN ASLI