Pages

Tuesday, 11 December 2007

Cara Menyemai biji ( benih ) Nepenthes / Kantong Semar



Cara menyemai biji kantung Semar boleh dibilang susah-susah gampang. Berikut langkah-langkai penyemaian dari saya:
1.Siapkan tempat penyemaian bisa berupa kotak plastik yang telah diisi sphagnum moss / lumut yang sudah di belender terlebih dahulu atau alternatif bila tidak ada bisa di ganti cocopeat+sekambakar (beri lobang dibawah kotak plastik agar air bisa keluar).
2.Siram Media tanam sampai basah dan semai biji diatas permukaan media kemudian basahi biji tersebut dengan cara di sepray cairan b1 dan fungisida. tutup kotak plastik tersebut dengan plastik transparan dan beri nampan air agar media tetap lembab
3.Taruh semaian tersebut ditempat yang lembab tetapi tetap terkena sinar matahari pagi atau alternatif lain bisa dengan menggunakan 
lampu neon.
4.Setelah satu bulan biasanya biji nepenthes mulai berkecambah . biarkan bibit tersebut sampai ukuran agak besar (akar nepenthes sangat rawan).

Tips sebaiknya biji Nepenthes secepatnya di semai setelah dipanen karena daya tumbuhnya masih baik. Semakin lama nepenthes tidak disemai maka daya tumbuhnya akan berkurang bahkan bibit tersebut bisa mati/kadaluarsa.

Selamat mencoba

9 comments:

Lina Dzakiyyah said...

lagi butuh info tentang morfologi bunga nepenthes!

SUHUD said...

biar datanya lebih jelas & akurat Bisa menghubungi Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia (KTKI) atau ikutan di forumnya di http://tanamanbuas.proboards84.com/index.cgi

thanks

Suhud

sony said...

Mas suhud udah banyak yah nepenya... bagi stek2nya dong...

sony said...

Bos suhud... bagus nih infonya... ada stek2 lebih ga buat nubi hehehe...

SUHUD said...

ikutan forum aja mas, biasanya disana kadang2 ada member yg bagi2 stekan atau biji gratisan, kadang ada yg jual jenis2 langka juga.thanks

sony said...

udah kok pak suhud...kerong_xxx kan saya.... iseng aja liat blog pak suhud trus usaha deh cari gratisan hehehe.

adebastian rahman said...

Baru tau nih cara semainya

Zulkarnain Syarif said...

Thanks uncle Suhud.. xie-xie

aditya ayuningtyas said...

Saya di probolinggo tertarik mau beli benih online tapi apa bisa hidup di daerah probolinggo? Lumayan dkt sama laut