Pages

Thursday, 25 October 2007

RESEP KETUPAT KANDANGAN

Anda yang harus coba resep ini.....ga bakalan nyesel deh...makanan ini adalah masakan khas dari Kandangan Kalimantan Selatan. Orang Kandangan Biasanya makan dengan menggunakan tangan (ga pakai sendok), cara makannya dengan menghancurkan ketupat di dalam kuahnya (ketupat asli kandangan biasanya gampang dihancurkan)


KETUPAT KANDANGAN

Bahan
12 buah ketupat kecil-kecil,dipotong-potong
2 ekor ikan gabus segar (gede)
6 telor ikan+jeroan ikan gabus (tusuk seperti sate lalu panggang/di asap)
1 sendok teh garam
1 sendok teh asam jawa
1 sendok teh air jeruk nipis
5 lembar daun jeruk di sobek-sobek
2 batang serai di memarkan
1500 ml santan dari 1 butir kelapa
5 sendok makan minya untuk menumis

Bumbu Halus
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm jahe
3 cm kunyit
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh terasi
4 3/4 sendok teh garam
1 cm lengkuas
1/8 sendok teh jintan
2 sendok teh gula pasir

Bahan Sambal
5 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
1/2 sendok teh terasi goreng
1 buah tomat
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica
1 buah binjai
2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat
- Lumuri ikan gabus dengan asam jawa, garam & air jeruk nipis. diamkan 45 menit
- panggang ikan dibara api sampai matang
- Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai matang
- Tuang Santan lalu didihkan
- Masukan ikan gabus. Rebus sampai bumbu meresap.
- Sajikan dengan ketupat
- Sambal : Goreng cabe,terasi,bawang merah, dan tomat sampai harum. Angkat lalu tambahkan garam, merica dan buah binjai (sesuai selera).Haluskan.
- Sajikan dengan ketupat

Silakan Mencoba

8 comments:

mas, izinkan saya memakai resepnya ya... terima kasih banyak...

silakan di praktekkan resepnya ...gratis....thanks jg

ikan gabus kan ga ada di sukabumi, bagusnya diganti sama ikan apa???? bantuin donk...... gw dah 2 tahun ga ketemu ketupat kandangan. maklum dah 2 th ga pulang ke bjm.

wah, kalo ketupat kandangan kan khasnya justru di ikan gabusnya yg di bakar/asap itu,...kalaupun ada alternatif lain, adanya cuma ada telor rebus aja...soalnya ikan lain rasanya beda.

Assalamualaikum, ok mas atau Amang nih, ulun urang kdg juwa bulihai kalu manjiplak resep nya wassalam Infokotaku.

Tarima kasih banar kawal laahh... pian sudah maangkat kuliner banua kawa mandunia wan blog pian niih... kaena ulun cuba mampraktekakan... keep up load banua recipes :)

Waah... hebat --- pian maulah kuliner banua mandunia lewat blog... mudahan ulun kawa mampraktikakan kaena... tarima kasih banar laahh... :)

Alat Musik Import Murah

Apparel & Accessories