Pages

Thursday, 25 October 2007

RESEP KETUPAT KANDANGAN ASLI

Anda yang harus coba resep ini.....ga bakalan nyesel deh...makanan ini adalah masakan khas BANJAR yang berasal dari Kandangan Kalimantan Selatan. Orang Kandangan Biasanya makan dengan menggunakan tangan (ga pakai sendok), cara makannya dengan menghancurkan ketupat di dalam kuahnya (ketupat asli kandangan biasanya gampang dihancurkan)


KETUPAT KANDANGAN ASLI

Bahan
Ketupat Kecil-kecil, (pakai banjar : beras siam unus/mutiara/karang dukuh) 
3 ekor ikan gabus segar (gede/besar)
6 telor ikan+jeroan ikan gabus (tusuk seperti sate lalu panggang/di Asap dgn arang dari batok kelapa)
1 sendok teh garam
1 sendok teh asam jawa (untuk melumuri ikan gabus sebelum di Asap)
1 sendok teh air jeruk nipis
5 lembar daun jeruk di sobek-sobek (opsional)
2 batang serai di memarkan
1500 ml santan dari 1 butir kelapa (jangan pake Santan Instan)
1 telor bebek/itik atau Telor ayam
5 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri (dibakar/oseng)
1/2 sendok teh ketumbar (opsional)
1 cm jahe
3 cm kunyit (opsional)
1/4 sendok teh merica (opsional)
1/2 sendok teh terasi (opsional)
4 3/4 sendok teh garam
1 cm lengkuas
1/8 sendok teh jintan (dioseng sebelum dihaluskan - optional)
2 buah Cabe besar kering (bisa di haluskan , bisa juga langsung di masukan utuh ke dalam bumbu)
2 sendok teh gula pasir (optional, kalo santannya sudah manis tidak perlu dimasukan gula)

Bahan Sambal
10 buah cabe rawit (atau sesuai selera)
1/2 sendok teh terasi goreng
1/2 sendok teh garam
1-2 sendok makan santan kental dari kuah ketupat kandangan
1 buah binjai


Taburan : Bawang GORENG

Cara Membuat Ketupat Kandangan
-  Saat air sudah mendidih Rebus Ketupat  (dimasak setengah karau supaya bisa dihancur saat di makan)
-Masak kurang lebih 1-1,5 Jam kemudian angkat ketupat

Cara Membuat Ketupat kandangan
-  Rendam Haruan/Ikan Gabus dgn bekas cucian beras  sekitar 15 menit untuk menghilangkan anyir ikan gabus, kemudian Lumuri ikan gabus dengan asam jawa, garam & air jeruk nipis. diamkan 45 menit
- panggang Asap ikan dibara api batok kelapa+sabut kelapa sampai matang (Rasa Asapnya ini yg bikin khas)
- Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai matang
- Kocok telor bersama setengah gelas air kemudian campurkan dgn santan (cara lain Telor dicampur dgn  kelapa parut  baru kemudian diperas menjadi santan)
- Siapkan panci, masukan Santan & Bumbu dan kemudian Masak dgn api kecil sambil di aduk (jangan sampai santan pecah).
 - Setelah matang pisahkan sebagian  kuah di panci yg lain kemudian masukan ikan Gabus/Haruan Asap dan Telor ke dalam kuah tersebut (masak sampai bumbu meresap)
Rebus sampai bumbu meresap.
- Sajikan dengan ketupat
- Sambal : Ulek Cabe Rawit , Binjai, garam, sedikit santan kental dari kuah ketupat kandangan (sesuai selera).Haluskan.
- Sajikan dengan ketupat

Silakan Mencoba

8 comments:

Prudens said...

mas, izinkan saya memakai resepnya ya... terima kasih banyak...

SUHUD said...

silakan di praktekkan resepnya ...gratis....thanks jg

yedi said...

ikan gabus kan ga ada di sukabumi, bagusnya diganti sama ikan apa???? bantuin donk...... gw dah 2 tahun ga ketemu ketupat kandangan. maklum dah 2 th ga pulang ke bjm.

SUHUD said...

wah, kalo ketupat kandangan kan khasnya justru di ikan gabusnya yg di bakar/asap itu,...kalaupun ada alternatif lain, adanya cuma ada telor rebus aja...soalnya ikan lain rasanya beda.

INFO KOTA said...

Assalamualaikum, ok mas atau Amang nih, ulun urang kdg juwa bulihai kalu manjiplak resep nya wassalam Infokotaku.

SUHUD said...

silakan pak.

yayak banjar said...

Tarima kasih banar kawal laahh... pian sudah maangkat kuliner banua kawa mandunia wan blog pian niih... kaena ulun cuba mampraktekakan... keep up load banua recipes :)

yayak banjar said...

Waah... hebat --- pian maulah kuliner banua mandunia lewat blog... mudahan ulun kawa mampraktikakan kaena... tarima kasih banar laahh... :)