Buku 'HARRY POTTER' Bertandatangan JK Rowling Laku Rp360 Juta

Sebuah lembaga amal Inggris telah menjual satu set lengkap buku HARRY POTTER yang ditandatangani pengarangnya, JK Rowling, pada e-Bay dengan harga 18.200 pound atau sekitar hampir Rp360 juta, demikian dilaporkan Minggu.

Penawaran untuk tujuh buku tersebut pada situs lelang online ditutup pada Sabtu tengah malam atau Minggu pukul 06.00 WIB, dengan penawaran dimulai dari harga 100 pound, Direktur Pengembangan Books Abroad, Claire Newman, menyatakan kepada AFP.

Ibu mertua Rowling, Barbara Murray, bekerja bagi lembaga amal Skotlandia itu yang memasok buku untuk sekolah-sekolah di seluruh dunia.

"Semuanya ada 63 penawaran," ujar Neman, seraya menambahkan: "Kami belum memutuskan pemanfaatan secara khusus bagi uang tersebut."

Identitas pembeli buku serial lengkap HARRY POTTER itu tidak diungkapkan. Rowling sepakat untuk menyumbangkan buku-buku itu, yang disimpan di sebuah pos polisi setempat, sebagai bagian perayaan ultah ke-25 badan amal itu.

Buku pertama dari serial itu, HARRY POTTER AND THE SORCERER`S STONE, diterbitkan pada 1997 dan novel terakhir dan ketujuh serial itu, HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS, dijual di berbagai toko buku di seluruh dunia pada 21 Juli.


Bintang Global Sejati

HARRY POTTER telah menjadi bintang global sejati, dengan diterjemahkannya kisah bocah penyihir berkacamata itu ke dalam 64 bahasa, dan alih bahasa ke bahasa ke-65, yakni Bahasa Frisian, kini sedang berlangsung.

HARRY POTTER telah mengungguli JAMES BOND sebagai tokoh cerita film yang paling banyak menghasilkan uang sepanjang masa, tulis dua media industri hiburan.

Hasil penjualan karcis di seluruh dunia dari lima film yang diangkat dari buku-buku karangan Rowling itu telah melampaui box office 22 film yang menampilkan agen jempolan 007 dari Inggris itu, demikian menurut Daily Variety dan The Hollywood Reporter.

Sampai sejauh ini film-film HARRY POTTER telah meraup pemasukan sebesar US$ 4,47 miliar di seluruh dunia, dibandingkan dengan US$ 4,44 miliar yang dikantongi film-film serial Bond, yang dimulai dengan film DOCTOR NO pada 1962. (*/erl)(kapanlagi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA TANAM SPHAGNUM MOSS

Cara Menyemai biji ( benih ) Nepenthes / Kantong Semar

RESEP KETUPAT KANDANGAN ASLI